Raih Panji Ketahanan Pangan dan Kodusifitas Daerah, Bupati Edi Damansyah Optimis Kukar Makin Siap jadi IKN

KANAL KUKAR- Kerja-Kerja Bupati Kukar Edi Damansyah terus mendapat apresiasi. Tak sekedar menyejahterakan masyarakatnya, Edi Damansyah ingin membuktikan jika Kukar semakin layak ditunjuk sebagai Ibu Kota negara (IKN).

Hal ini terlihat dari tujuh panji keberhasilan yang berhasil diraih pada kepemimpinan Edi Damansyah. Dua di antara panji yang berhasil diraih, yaitu tentang kondusifitas daerah dan ketahanan pangan. Upaya bupati menciptakan Kukar yang kondusif begitu nampak. Sebut saja, aktivitasnya bersama instansi vertical seperti TNI dan Polri di Kukar.

Edi kerap turun langsung menggelar patrol bersama sambil menyambangi masyarakat. Tak hanya itu, Bupati Edi Damansyah juga sukses mendorong masyarakat Kukar menjadi lebih agamis. Ia menyerap langsung aspirasi masyarakat di seluruh kecamatan di Kukar dengan safari subuh secara bergilir.

Fokus sektor lainnya yang berhasil diraih Bupati Edi Damansyah adalah, bidang ketahanan pangan. Percepatan pembangunan infrastruktur di desa, menjadi salah satu fokus bupati. Di antaranya adalah jalan tani yang digunakan para petani untuk mendistribusikan hasil pertaniannya.

Bahkan tak jarang, pria yang juga Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar itu, merayakan pesta tanam dan panen bersama para petani di Kukar. Kedekatan Edi Damansyah kepada para petani, membuatnya mudah menyerap langsung aspirasi para petani tersebut.

“Kami memang sangat fokus sekali untuk masalah kondusifitas dan ketahanan pangan. Ini menjadi salah satu penunjang untuk sector-sektor lainnya. Menjelang IKN nanti, saya ingin masalah ketahanan pangan dan kondusifitas tidak pernah muncul di Kukar,” ujar bupati.

Tiap kali dirinya menyambangi sejumlah desa dan perkampungan di Kukar, ia selalu memposisikan dirinya sebagai rakyat biasa. Sehingga, ia pun bisa merasakan langsung kebutuhan warga Kukar. Ia juga menghimbau agar seluruh jajaran OP di Kukar bisa meluruskan niat membangun Kukar. Perolehan panji keberhasilan dari Pemprov Kaltim tersebut, ia harap menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

“Yang terpenting adalah, mari kita luruskan niat. Amanah itu sekarang ada dipundak kita. Tapi kalau kita betulungan, maka semuanya akan lebih ringan,” lanjutnya.

Tujuh panji yang diraih yaitu, bidang pengembangan holtikultura, bidang pembangunan ketahanan dan pangan, bidang perkebunan, bidang tata kelola kearsipan, bidang penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kategori kabupaten, bidang kondusifitas daerah serta bidang gerakan pramuka.

Untuk panji bidang perkebunan dan pramuka, Kukar juga kerap daerah yang berlangganan meraih dua sektor tersebut. Panji-panji keberhasilan berbagai bidang pembangunan tersebut rutin diberikan setiap tahun dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada seluruh kabupaten/kota dan masyarakat di daerah untuk mengembangkan potensi masing-masing.

Selain tujuh panji tersebut, juga ada lima bidang lainnya masuk kategori terbaik kedua, serta enam bidang terbaik ketiga. Bupati Edi Damansyah pun menerima langsung tujuh panji yang diberikan oleh Gubernur Isran Noor.

Bertempat di halaman kantor Bupati Kukar pada Jum’at (17/1/2020), Bupati Kukar Edi Damansyah pun memimpin apel gabungan Korpri dan penyerahan Panji-Panji keberhasilan pembangunan tahun 2019,
Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, penghargaan ini harus terus dipertahankan sebab ini menunjukkan bahwa kinerja Pemkab Kukar membaik.

“Saya harap penghargaan ini dapat dipertahankan, dan bisa berdampak kepada masyarakat, “tutupnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan