Potret Kegiatan yang Dilakukan Pemerintah Daerah dalam Kesiapsiagaan Bencana di Kukar

1. 21 Desember 2020, TNI, Polri  Pemerintah Daerah dan Masyarakat melakukan normalisasi sejumlah gorong-gorong yang ada di Tenggarong.

2. 7 Januari 2020, Apel gelar siaga bencana di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara berlangsung di halaman Makodim 0906 Tenggarong, bertindak selaku pimpinan apel Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah. Apel dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah, sekretaris daerah ,camat, lurah dan kades diwilayah rawan bencana, OKP, dan pramuka.

 

3. 8 Januari 2020, Rapat koordinasi persiapan pembentukan forum pengurangan risiko bencana Kabupaten Kutai Kartanegara dan tindak lanjut siaga bencana di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

4. 10 Januari 2020, BPBD melakukan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. kemudian juga dihimbau agar waspada terhadap bahaya kebakaran perumahan dan permukiman melalui media sosial dan mobil keliling.

 

5. 11 januari 2020, telah dilaksanakanya rapat koordinasi bersama TNI, Polri, OPD, Camat dan Lurah Se Kecamatan Tenggarong dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi banjir dan tanah longsor di wilayah Kukar seiring dengan tingginya curah hujan.

 

6. 11 Januari 2020, Mengantisipasi genangan air di jalan-jalan dalam kota tenggarong dan kawasan permukiman masyarakat, BPBD melakukan patroli dan penyedotan genangan air yang langsung dipimpin oleh kepala pelaksana drs.H.Marsidik, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Aspianur Sandi, S.stp, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jamhari, Kepala Sub Bidang Operasional Idris, SE. salah satu kawasan yang dilakukan penyedòtan adalah kawasan jalan di depan kantor polres kutai kartanegara. pada kesempatan tersebut juga hadir dan ikut melakukan penanganan Dandim 0906 Tenggarong.

 

7. 12 Januari 2020, Pembersihan ranting dan pohon yang tumbang di Desa Loa Lepu RT. 01 Kecamatan Tenggarong Seberang Langsung Dibersihakan Oleh Satgas BPBD di Bantu TNI dan Masyarakat Sekitar.

 

8. 12 Januari 2020, Satgas BPBD beserta TNI membantu melakukan penebangan dan pembersihan pohon yang berpotensi akan roboh.

 

9. 13 Januri 2020, Pembersihan enceng gondok di beberapa titik aliran sungai Tenggarong untuk memperlancar arus air. kegiatan ini dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan terhadap banjir di kawasan kota tenggarong seiring dengan curah hujan yang tinggi.

10. 14 Januari 2020, Satgas BPBD berjibaku mengurangi genangan air di kawasan jalan di Tenggarong

11. 14 Januari 2020, Pengecekkan lapangan disejumlah titik genangan air dalam wilayah kota tenggarong dan pemeriksaan sejumlah gorong-gorong yang sudah selesai dikerjakan sebagai upaya pencegahan banjir. pengecekkan dipimpin oleh sekretaris daerah kabupaten kutai kartanegara Drs. Sunggono yang juga adalah kepala BBD kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari Pantauan media ini, Genangan yang terjadi dI Jalan Tambak Rel (14 Januari 2020) berangsur surut dalam waktu kurang dari 1 jam, seiring dengan lewatnya air ke Gorong Gorong menuju sungai Kejawi.

 

Sumber : FB BPBD Kutai Kartanrgara dan FB Humas Pemkab.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan