Pasien Positive Tidak Sempat Masuk Kelokasi Kerja, Surat Bupati ke Perusahaan Dinilai Efektif.

Surat Bupati Kukar Terkait Crew Change Efektif Cegah Penularan Dini Covid 19

KANALKUKAR- Kondisi terkini penanganan Covid-19 di Kukar, terjadi 1 penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan 1 kasus sembuh, per hari Jum’at (19/6) malam. Keduanya
merupakan pelaku perjalanan atau crew change perusahaan swasta di Kecamatan Sebulu dan Tabang.

Sebagaimana yang disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kukar, dokter Martina Yulianti, saat membacakan Press Release Bupati Edi Damansyah, mengenai kondisi terkini Covid-19 di Kab. Kukar.

Martina menyampaikan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena pasien yang terkonfirmasi positif belum masuk ke lokasi kerja (site) perusahaan. Ini menunjukan bahwa surat Bupati Kukar tentang Protokol Kesehatan Covid-19 yang ditujukan kepada Perusahaan/BUMN/BUMD benar-benar dilaksanakan dan efektif untuk menemukan kasus sedini mungkin.

“Komitmen Pemkab Kukar yang dipimpin Bupati Edi Damansyah, gerak cepat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, saat ada penambahan pasien positif, dari calon pekerja perusahaan beberapa waktu lalu. Pak Bupati langsung mengeluar surat edaran, agar calon pekerja dari luar kukar yang ingin masuk ke Kukar, harus clear dan dipastikan negatif Covid-19, ” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah saat gelar Rapid Test massal bagi pedagang pasar Gerbang Raja Mangkurawang Tenggarong mempertegas, dirinya tidak mau Kukar jadi daerah limpahan pasien positif Covid-19 dari daerah lain. Makanya surat yang meminta kepada perusahaan, agar calon pekerjanya harus betul sudah dilakukan Rapid test atau swab, dapat diketahui hasilnya harus negatif.

“Saya tidak mau, tim Gugus tugas sudah bekerja maksimal, dan meminimalisir bertambahnya pasien positif, tapi harus disibukan lagi dengan penambahan kasus dari luar Kukar. Makanya dalam surat itu, ada upaya penekanan kepada pihak perusahaan yang bertanggung jawab atas karyawannya, harus dituruti dan dijalankan perusahaan, ” ucap Bupati Edi, dengan nada tegas saat itu.

Adapun pasien positif dan sembuh diidentifikasi sebagai KK66, yang bersangkutan sudah selesai proses isolasi di Wisma Atlit sejak 17 Juni lalu. Sedangkan kasus sembuh lainnya, adalah KK58 yang telah menjalani masa isolasi di RS.Pertamina Balikpapan selama 11 hari.

Dengan adanya kasus terkonfirmasi positif dan kasus sembuh ini, maka jumlah kasus Covid 19 di Kukar sebanyak 66 kasus, 8 kasus sedang menjalani masa perawatan atau isolasi, 58 kasus sembuh.(Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan