Di Kukar 154 ODP, 2 Pasien Positive Membaik

KANALKUKAR- Pemkab Kukar selalu up date terkait penanganan Covid-19 di kukar, untuk per 25 Maret 2020 yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan(ODP) mencapai 154 orang yang tersebar di 12 kecamatan. Diperlukan komitmen dan konsistensi semua pihak, untuk memutus mata rantai penyebaran Corona di kukar.

“Yang positif Corona masih tetap dua orang, dalam pengawasan dua orang, yang sekarang sedang menjalani perawatan di RSUD Dayaku Raja Kota Bangun dan RSUD ABADI Samboja, dan yang ODP mencapai 154 orang yang masih lakukan isolasi dirumah,” papar Kadinkes Kukar, dr Martina Yulianti, Rabu(25/3) dalam rilis resminya.

Martina mengatakan, isolasi rumah bisa dilakukan bukan hanya bagi orang dalam pemantauan saja, tapi juga berlaku bagi orang yang baru datang daerah terjangkit corona, atau bisa juga orang yang punya riwayat kontak erat dengan penderita corona sekalipun tanpa sakit, tetap direkomendasikan isolasi rumah.

Agar isolasi rumah berjalan maksimal dan sesuai harapan, maka kerjasama listas sektoral akan semakin ditingkatkan, pemda, kepolisian dan tentara, bahkan ketua RT pun akan dilibatkan, demi keberhasilan memutus mata rantai corona.

“Meski tidak positif, tapi jika isolasi rumah dilakukan secara komit, maka tidak berpotensi tertular dan tidak menyebar ke yang lainnya,” jelasnya.

Martina berharap, bagi masyarakat kukar yang baru datang dari luar, untuk lakukan isolasi dirumah, dan orang kukar yang ingin keluar kukar, diharapkan bisa lakukan penundaan untuk sementara waktu.

“Untungnya dalam penanganan pasien positif corona, tidak terjadi transmisi lokal, empat orang perawat yang merawat pasien positif, setelah ditest hasilnya negatif,” jelasnya.

Martina berpesan kembali kepada masyarakat kukar, untuk patuh terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, untuk tidak keluar rumah, kecuali ada suatu hal yang penting, jangan sampai sakit, jaga kesehatan dan kebersihan diri.

“Alat deteksi corona sudah kami pesan, dan dalam perjalanan ke kukar. Kondisi pasien yang dua orang positif sudah membaik,” pungkasnya.

Saat ditanya terkait kondisi dua pasien positive yang dirawat di RSUD A.M. Parikesit, martina menjelaskan kalau keadaan kedua pasien tersebut membaik.(HK)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan