Thursday 30th November 2023

WNA Kini Bisa Dapat Layanan Penerbitan SKTT di Kukar

TENGGARONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini menghadirkan pelayanan kependudukan berupa penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi Warga Negara Asing (WNA). Pelayanan ini hadir setelah mereka melakukan MoU bersama Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda beberapa saat yang lalu.

Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto mengatakan pelayanan bagi WNA ini telah dikerjasamakan pada awal bulan Agustus laluPelayanan SKTT bagi WNA ini perdana ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dan pelayanan ini bertujuan untuk mempermudah WNA di Kukar untuk mendapatkan SKTT.

“Banyak manfaat dari pelayanan ini. Diantaranya adalah membantu Tim Pengawasan Orang Asing Kukar dalam hal data dan informasi. Juga memberikan gambaran positif bagi investor-investor yang merupakan WNA untuk mendapat kemudahan di Kukar,” terang Iryanto tidak lama ini.

Lanjut Iryanto, pelayanan SKTT bagi WNA ini tidak terlalu rumit. Tanpa menggunakan agensi, ketika Izin Tinggal Terbatas (ITAS) WNA telah diterbitkan Kantor Imigrasi Samarinda. Saat itu juga, Disdukcapil Kukar akan memprosesnya. Yang kemudian akan dikirim hasilnya dalam bentuk dokumen SKTT by system melalui email ke WNA selaku pemohon. Proses ini sendiri tidak memakan waktu hingga 24 jam.

Pelayanan ini menjadi pondasi dalam memberi kemudahan investor dari luar negeri ke Indonesia, terkhususnya Kukar. Pun, sesuai dengan amanat Presiden RI Joko Widodo. Yakni untuk permudah semua urusan bagi investor. Sesuai dengan ketentuan dan aturan yang telag ditetapkan

“Kami harap layanan ini menjadi role model Disdukcapil se-Kaltim. Kami memberikan gambaran bahwa kemudahan pelayanan ini tidak hanya untuk WNI saja, tapi WNA. Karena dengan pelayanan ini memberi kemudahan, sehingga investor di Kukar tidak ragu,” tutup Iryanto. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below