Wilayah Zona Merah dan Oranye Tidak Dianjurkan Gelar Shalat Idul Adha 1442 H

TENGGARONG – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati Kukar Nomor:B-1285/DINKES/065.11/07/2021 tentang evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), termasuk dalam penyelenggaraan shalat idul adha di wilayah zona merah dan oranye tidak dianjurkan untuk dilaksanakan.

“Semoga aturan yang dikeluarkan Pemkab tersebut dapat ditaati masyarakat, demi menekan laju penyebaran Covid-19 di Kukar,” kata Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin saat menyerahkan sapi qurban dari pemkab Kukar kepada pengurus masjid Agung Sultan Sulaiman, di Halaman Parkir Masjid, Tenggarong, Rabu (14/7/2021).

Menurut Rendi, isi Surat Edaran yang sudah dikeluarkan diantaranya tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, kemudian pelaksanaan salat Ied tidak dianjurkan dilaksanakan di masjid atau lapangan pada kecamatan yang masuk zona merah dan oranye.

“Ya, kecamatan yang masuk zona merah dan oranye, tidak dianjurkan shalat Id, melainkan salat Ied lebih diutamakan dilaksanakan di rumah masing-masing. Sedangkan kecamatan zona hijau dan kuning masih diperbolehkan salat Ied di Masjid atau lapangan dengan menerapkan Prokes,” ujarnya.

Adapun penyerahan sapi qurban, lanjut Rendi bahwa sapi yang diserahkan di Masjid Agung, merupakan penyerahan secara simbolis dari 25 ekor sapi qurban dari Pemkab Kukar yang akan disebar di Kecamatan-Kecamatan.

Selain dari Pemkab, Rendi menyebutkan penyerahan hewan qurban juga yang berasal dari beberapa perushaan yang beroperasi di wilayah Kukar, untuk disebar dibeberapa titik di sekitar wilayah kerja perusahan.

“Selain penyerahan sapi qurban dari pemkab Kukar, ada juga dari dunia usaha seperti Indominco di Marangkayu sebanyak 10 ekor sapi, dan perusahan-perusahan lainnya, mereka tentukan titik titik pembagian sesuai wilayah kerjanya masing-masing,” demikian ujarnya. (ADV)

 

Penulis : Deni Laksono
Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.