Tindak Lanjuti Surat Bupati Edi Damansyah, PLN Pastikan Tahun INI Bengkinang-Batu Dinding Dialiri Listrik

Kanalkukar.net – Kebahagiaan warga Dusun Bengkinang dan Batu Dinding tak bisa disembunyikan. Kepastian jaringan listrik PLN yang bakal maengaliri kampung mereka tahun ini, disampaikan langsung Bupati Kukar Edi Damansyah serta pihak PLN pada Jumat (6/3) kemarin.

Dua dusun yang berada di Kecamatan Tenggarong itu, bertemu langsung dengan bupati beserta jajaran PLN di kantor lurah Loa Tebu. Dalam pertemuan tersebut, warga beserta mahasiswa turut hadir.

Upaya Bupati Kukar Edi Damansyah untuk menyampaikan aspirasi warga, terkait keluhan listrik pun terkuak. Bupati Kukar Edi Damansyah, pernah bersurat pada tahun 2019 lalu. Dalam surat bupati bernomor B-275/ESDM/ENERGI/671.51/II/2019 itu, disampaikan usulan pembangunan jaringan listrik di sejumlah desa di Kukar. Terlebih lagi, sejumlah kewenangan terkait pengelolaan listrik, membuat Pemkab Kukar tak bisa leluasa.

Pihak PLN pun membalas surat bupati tersebut dengan nomor 0179/DIS.01.01/1401400/2020 prihal pembangunan jaringan listrik di Kukar. Surat yang dikeluarkan pada 5 Maret 2020 itu, menyebutkan jika Dusun Bengkinang dan Batu Dinding akan dilakukan pemasangan jaringan listrik pada triwulan ke III tahun 2020 ini.

“Merujuk surat bupati Kukar, terkait penyampaian usulan pembangunan jaringan listrik, dapat kami sampaikan bahwa ada beberapa desa dan dusun yang akan dilakukan pemasangan jaingan pada tahun 2020 ini. Termasuk Dusun Batu Dinding dan Bengkinang,” ujar Manajer Bagian Jaringan PLN Samarinda Hendra Manurung

Mendapat kepastian tersebut, masyarakat pun begitu girang. Ia langsung menyampaikan terimakasih kepada bupati beserta rombongan yang hadir dalam pertemuan tersebut. Suasana pertemuan yang semula diprediksi berlangsung tegang, justru menjadi ajang silaturahmi antara bupati dan warga.

“Kami sangat menyampaikan terimakasih kepada kepedulian pak bupati,” ujar salah satu warga.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, dirinya akan mengawal langsung perkembangan pemasangan jaringan listrik baru di desa dan dusun di Kukar. Ia mengaku bersukur, selama dua tahun terakhir jumlah desa yang belum mendapat aliran listrik terus berkurang.

Menyiasati desa yang tidak teraliri listrik PLN, Bupati Kukar Edi Damansyah juga sudah merancang solusi lainnya. Seperti PLTS komunal, genset desa dan sebagainya. “Jumlah desa yang tidak berlistrik sangat jauh berkurang. Tapi yang belum pun kami carikan solusinya. Misalnya saja, Tabang saat ini sudah masuk listrik yang dikelola PLN. Juga ada Desa Muara Enggelam dengan PLTS komunal. Walaupun kewenangan Pemkab Kukar terbatas dalam pengelolaan listrik, tapi usaha kami memberikan pelayanan sangat maksimal sekali,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah.

Selain Bengkinang dan Batu Dinding, ada sembilan dusun yang sudah dipasang jaringan lisrik pada tahun 2019 lalu. Sementara pada tahun 2020 ini, dusun lain yang ikut pemasangan jaringan listrik PLN seperti Dusun Batu-Batu di Desa Salo Cela, Kecamatan Muara Badak. Juga ada Dusun Pondok Labu, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong serta Desa Sebelimbingan di Kecamatan Kota Bangun. (Rz)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan