Terjadi Transmisi Lokal di Kukar, Apa Maknanya ?

KANALKUKAR- Setelah diumumkan, Kukar terjadi lonjakan tambahan pasien positif Covid-19 dari Cluster Gowa dan Magetan, maka dikhawatirkan ada potensi penyebaran virus melalui transmisi lokal. Apa yang dimaksud dengan transmisi lokal.

Dikutip dari Kompas.com terbit 29 April 2020, melalui Kabid Humas Kemenkes RI Busroni menjelaskan, selain ada istilah imported case, orang positif copid-19 yang didapat dari luar negeri, ada juga istilah tranmisi lokal, yang maknanya, kasus inveksi lokal yang terjadi antar masyarakat, sehingga keberadaan virus kemungkinan tersebar di tengah masyarakat sehingga bisa terinveksi atau tertular, sekalipun tidak berpergian keluar daerah.

Kasus transmisi lokal di Kutai Kartanegara ialah K-4, jenis kelamin perempuan, usia 52 tahun dari Kecamatan Muara Badak, yang memiliki riwayat kontak dengan suami yang merupakan klaster Gowa pada tanggal 22 Maret 2020.

Khawatir terjadi penyebaran virus melalui transmisi lokal, Pemkab kukar akan melakukan Rapid Test secara massal, yang ditujukan kepada kelompok beresiko, diantaranya pelaku perjalanan berpotensi menularkan, kelompok resiko ditularkan nakes dan petugas lapangan serta pasien rumah sakit yang memiliki resiko karena tidak mungkin bekerja dirumah.

“Dikhususkan bagi cluster Gowa dan Magetan, diharapkan untuk berperan aktif melaporkan kepada petugas medis, untuk dilakukan test dan lakukan isolasi secara ketat,” ujar Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kukar, dr Martina Yulianti.

Langkah yang sudah diambil pemkab kukar, sebagai besar pasien dari cluster Gowa sudah dilakukan perawatan dan isolasi di wisma atlet Tenggarong Seberang, dengan jumlah 31 orang dari clustet Gowa, 3 orang cluster Magetan, 1 orang cluter Bogor, serta 7 orang cluster lain-lain. (Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan