Tangani Covid-19 dengan Perhitungan Matang, Bupati Kukar Edi Damansyah Pengambil Kebijakan Cepat dan Tepat

KanalKukar.net – Bupati Kukar Edi Damansyah, menjadi salah satu kepala daerah yang banyak mendapat apresiasi, dalam penanganan covid-19. Ia mengeluarkan berbagai kebijakan strategis terkait edukasi sekaligus pencegahan covid-19 agar tidak meluas.

Sebelum wabah pandemi global itu masuk ke Kaltim, Bupati Kukar Edi Damansyah menjadi kepala daerah pertama yang mencetuskan penghentian jadwal car free day (CFD) di Kaltim. Atas koordinasi yang baik dengan masukan berbagai pihak, Bupati Kukar Edi Damansyah mengambil kebijakan tersebut. Berbagai kebijakan pun diambil dengan perhitungan yang terukur dan matang.

Mengantisipasi perluasan covid-19, Bupati Kukar Edi Damansyah juga mengeluarkan kebijakan agar seluruh pelajar di Kukar libur dari aktivitas sekolah. Namun, ia memantau langsung proses pembelajaran yang dilakukan melalui chanel youtube yang disiapkan Pemkab Kukar.

Ia ingin memastikan jika proses belajar mengajar di rumah berjalan dengan baik. Tak terkecuali dengan peran serta para orangtua. Kebijakan work from home (WFH), tak membatasi koordinasi antara ia dengan jajarannya.

Berbasis aplikasi online, ia pun menggelar rapat secara online dengan jajarannya secara rutin. Termasuk merumuskan berbagai kebijakan strategis di Kukar. Seperti melakukan pelacakan warga yang datang dari luar daerah dengan gejala covid-19 melalui metode link website.

Aktivitas tim tracing dari gugus tugas covid-19 Kukar pun terus membuahkan hasil. Ratusan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), serta Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Bupati Kukar Edi Damansyah juga memberikan keputusan strategis dengan menyiapkan wisma atlet di komplek stadion Aji Imbut, Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai tempat isolasi ODP. Selain itu juga hotel Grand Elty Singgasana yang dijadikan sebagai tempat karantina mahasiswa yang baru datang dari luar daerah.

Kedatangan mahasiswa dan pelajar dari daerah terjangkit itu, difasilitasi sejak dari kedatangan di bandara. Salah satunya menyiapkan transportasi penjemputan dan penyemprotan desinfektan pada barang bawaan.

Bupati Kukar Edi Damansyah pun mengatakan, jika dirinya ingin memberikan yang terbaik bagi warga Kukar. Meski tak leluasa menyambangi desa-desa di Kukar, namun koordinasi dengan tim gugus tuga di tingat kecamatan, kelurahan dan desa berjalan dengan baik.

“Saya ingin meminimalisir potensi penyebaran covid-19 di Kukar. Terutama mengedepankan sisi pencegahan. Ini juga berkat kerjasama yang baik dari banyak pihak,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan