Setelah Zero Covid, Kini Tim Gugus Tugas Semakin Fokus Jaga Pintu Masuk Kukar

Setelah Zero Covid, Kini Pemkab Fokus Jaga Pintu Masuk Kukar

TENGGARONG- Setelah Tim Gugus Tugas percepatan penanggulangan Covid-19 berhasil menekan angka positif corona menjadi nol, kini Pemkab Kukar lebih fokus menjaga pintu masuk kukar, sebagai sentra mobilisasi pelaku perjalanan yang ingin ke kukar.

Selaku juru bicara tim gugus tugas, dr Martina Yulianti menjelaskan, setiap daerah punya strategi dan cara sendiri, dalam mencegah penyebaran covid melalui pelaku perjalanan, yang dilakukan kukar, dengan menempatkan petugas di bandara dan pelabuhan yang ada di Samarinda dan Balikpapan, untuk mendata lebih lanjut, untuk memudahkan mendeteksi pelaku perjalanan.

Ada dua kategori pelaku perjalanan, pertama, datang dari daerah terjangkit dengan tranmisi lokal, ini harus self monitoring selama 14 hari. Kategori kedua, datang dari daerah terjangkit, dengan tranmisi lokal, maka diharuskan karantina selama 14 hari.

“Jika selama self monitoring memiliki gejala harus lapor ke hotline virus corona, dengan menghubungi 082251171009, atau pelaku perjalanan diharuskan mendaftar di rsamp.online/hac, demi memudahkan pendataan pelaku perjalanan,”tegasnya.

Martina berpesan, kepada petugas pendataan harus juga memberikan edukasi ke pelaku perjalanan, kenapa diharuskan self monitoring dan karantina, ini menjadi penting untuk disampaikan. Martina juga mengajak melalui pesan pendeknya, untuk tetap jaga diri, jaga orang lain, jangan menulari dan jangan tertular.(Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan