Resmikan Desa Mandiri, Bupati Berharap Kawasan Pangan Tanjung Batu Terjaga dengan Baik

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap dengan adanya kebijakan secara nasional pengembangan kawasan pangan di Kukar khususnya desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri tidak hanya dijadikan secara seremonial.

“Saya berharap kawasan pangan di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang ini tidak hanya dijadikan seremonial saja, melainkan harus tetap dijaga keberlangsungannya dengan baik sehingga kawasan desa hijau dapat terwujud dengan menjadikan desa mandiri pangan,” kata Edi Damansyah saat meresmikan Tanung Batu sebagai desa mandiri, Rabu (4/8).

Dikatakan Edi, keberadaan kawasan pangan tersebut akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan ekonomi masyarakat di Tanjung Batu.

“Masyarakat Tanjung Batu yang tergabung dalam kelompok tani, baik itu meliputi pemilik aset tanah di kawasan mapun tidak bersama-sama memahami apa yang dikerjakan di kawasan ini, sehingga bisa dijadikan sarana pembelajaran dan bisa diterakpan ke wilayah lainnya,” katanya.

Tidak hanya itu, tambah Edi konsep desa mandiri sendiri yang dikembangkan di Tanjung Batu ini sangat beragam mulai dari usaha mikro kecil dan menengah, pencegahan peredaran narkoba, sampai dengan sistem pengamanan wilayah yang melibatkan berbagai stakeholder lainnya.

“Saya mengapresiasi atas keterlibatan dandim 0906 Tenggarong beserta jajarannya yang telah menjadikan Desa Tanjung Batu sebagai lokasi Program Pembinaan Teritorial (Binter) tahun 2021 melalui Desa Sinergi Hijau, dan sekaligus sebagai kawasan cadangan pangan strategis nasional,” ujar Edi.

Diketahui, seluas 460 ha kawasan yang dicanangkan, telah dibuka sekitar kurang lebih 60 ha, dengan konsep desa hijau menuju Desa Mandiri Pangan. Kawasan tersebut selain mencukupi kebutuhan pokok pangan masyarakat Desa Tanjung Batu sendiri, juga dapat memenuhi kebutuhan pangan kecamatan Tenggarong Seberang, masyarakat Kukar hingga berkontribusi untuk Kalimantan Timur.

Kegiatan itu ditandai presentasi dari Kades Tanjung Batu Husniansyah, pemotongan pita oleh Bupati Edi Damansyah didampingi Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling dan peninjauan lokasi desa mandiri Tanjung Batu. (*)

 

Penulis : Adilian

Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.