Potensi Ekonomi Tabang Akan Semakin Bergeliat

KANALKUKAR- Meski Kecamatan Tabang termasuk kecamatan yang paling ujung di wilayah Hulu Mahakam, namun jangan diremehkan potensi perekonomiannya. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Kukar, Slamet Hadi Raharjo meyakini perekonomian Tabang semakin bergeliat.

“Saya optimis perekonomian Tabang akan semakin maju dan berkembang, ” jelas Slamet, belum lama ini.

Slamet menjabarkan, saat ini Tabang yang sudah bisa ditembus melalui jalan darat, sudah terpengaruh perekonomian, jika dibandingkan saat belum bisa dilalui jalur darat. Apalagi saat ini, proses pengerjaan jalan tembus Muara Pahu Kutai Barat terus berjalan, jika jalan ini sudah selesai, maka antara Tabang dan kecamatan lainnya di Kukar saling ketergantungan secara ekonomi.

“Proses pengerjaan jalannya masih berlangsung, demi peningkatan perekonomian, ” ujarnya.

Selain itu menurut Slamet, jika wacana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air(PLTA) Tabang, yang bersumber dari air sungai Belayan betul terwujud, akan semakin maju lagi, karena PLTA tersebut, mampu mengaliri listrik sampai ke beberapa Kabupaten wilayah Kalimantan Tengah.

“Saya berharap pembangunan PLTA Tabang terwujud, ” paparnya.

Menyinggung potensi batu bara di Tabang, sebetulnya potensi dan kandungannya sangat besar, namun kadar kalorinya saja dengan kadar yang rendah. Tapi kebutuhan energi selalu menyesuaikan dengan perkembangan perekonomian global.

“Meski batu baranya kadarnya rendah, tapi kedepannya banyak yang cari, karena kebutuhan energi selalu ada, ” pungkasnya. (Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan