Saturday 20th July 2024

Perhentian Terakhir Bimtek DP3A-IWAPI Kukar, Perempuan Desa Loa Pari Terima Pelatihan Menjahit

TENGGARONG – Desa Loa Pari, Kecamatan Tenggarong Seberang menjadi perhentian terakhir Bimbingan Teknis (Bimtek) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) cabang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Terkait Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi.

Dalam Bimtek ke-13 ini, puluhan perempuan mengikuti pelatihan tata cara menjahit dengan membuat totebag dan rok. Terpusat di BPU Desa Loa Pari, peserta tergabung dari ibu-ibu kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Ketua IWAPI Kukar Fety Puja Amelia pelaksanaan Bimtek ini bertujuan memberikan keahlian bagi para perempuan kepala keluarga ini. Untuk menguatkan perekonomian mereka.

“Kami berharap dengan diberikannya sejumlah pelatihan ini dapat menimbulkan semangat para ibu-ibu dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,” harap Fety, Rabu (3/7).

Perempuan berdaya mandiri secara ekonomi terus menjadi komitmen IWAPI dan DP3A Kukar. Untuk itu penguatan sektor ekonomi di perempuan terus dikembangkan, di kecamatan-kecamatan. Untuk itu bersama DP3A Kukar, IWAPI juga membantu modal berupa mesin jahit bagi setiap kelompok. Fety pun memastikan akhir bulan Juli ini akan ada pelatihan bimtek lagi bagi para perempuan di kecamatan.

“Akhir bulan ini kami akan kembali melakukan Bimtek tata rias di 10 kecamatan. Sehingga Agustus nanti akan banyak kegiatan, mereka bisa mengaplikasikannya,” tutup Fety.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Loa Pari Shinta Aurelia Prastini mengapresiasi langkah DP3A dan IWAPI Kukar. Kehadiran pelatihan ini akan sangat membantu para perempuan ini untuk menjadi mandiri ekonomi. Ia pun memastikan dari pelatihan ini, TP PKK Desa akan memberdayakan hasil pelatihan ini.

“Mungkin kami akan sewa tempat atau mendatangi sekolah-sekolah untuk menjahit seragam dari kelompok peserta tadi,” jelasnya. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below