Pemkab Beli Alat PCR, Pekan Depan Datang

KANALKUKAR- Demi percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Kutai Kartanegara(Kukar) , Pemkab Kukar sudah membeli alat PCR(Polynerase Chain Reaktion), yang berfungsi mendiagnosa lebih awal sampel swab, bagi orang yang diduga terdapat virus corona ditubuhnya.

“Dalam rangka mempercepat penegakan diagnostik, Kutai Kartanegara dalam proses pengadaan alat PCR, seperti juga beberapa daerah lain. Nantinya kita tetap akan melaporkan kepada Litbangkes terkait dengan rekomendasi penggunaan alat tersebut di RSUD AM PArikesit. Parikesit sendiri sudah menyiapkan ruangan khusus untuk kedatangan alat PCR yang digunakan untuk pemeriksaan Pasien dalam Pengawasan (PDP) virus corona asal Kutai Kartanegara.”

ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kukar, dr Martina Yulianti, Selasa(5/5) malam.

Martina menjabarkan, selama ini untuk mengetahui hasil uji swab pasien, memakan waktu yang cukup lama, karena sampel swab harus dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan(BBLK) yang ada di Surabaya, jika Kukar sudah punya alat PCR sendiri, maka hasil uji sampel swab lebih cepat diketahui.

“Mudah-mudahan alatnya bisa cepat datang, kalau tidak ada kendala, paling cepat pekan depan sudah datang alatnya,” ucapnya.

Martina menambahkan, meski nantinya Kukar sudah memiliki alat PCR sendiri, semua kegiatan pemeriksaan dan pelaporan tetap akan dikoordinasikan dengan Dinkes Propinsi untuk dilaporkan ke PHEOIC (Public Health Emergency of International Concern)

Kesiapan daerah memiliki alat PCR ada yang harus dilengkapi, seperti sarana pra sarana pendukung penyimpanan alat, serta SDM yang mumpuni, ini dapat disimpulkan, Kukar sudah siap memiliki alat PCR.(Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan