Pemkab Akan Lakukan Rapid Test Massal kelompok Rentan Tertular dan Menularkan

KANALKUKAR- Telah terjadi lonjakan pasien positif Covid-19 di kukar, pemkab kukar akan lakukan segera Rapid Tes bagi kelompok rentan tertular dan menular, dan rencananya rapid test dilakukan secara massal.

“Mulai hari, kita mulai lakukan rapid tes, kepada kelompok rentan ditularkan dan menular seperti tenaga medis dan tenaga lapangan covid-19 yang tidak mungkin mereka bekerja dari rumah,” ujar Jubir tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kukar, dr Martina Yulianti, saat lakukan Press Comferns bersama media massa.

Yuli menceritakan, persiapan yang sudah dilakukan, untuk mendukung rapid tes massal dengan membeli 13.000 alat rapid tes, dan dalam waktu dekat akan datang 9.000 alat rapid.

“Nakes yang ada di RS dan Puskesmas yang akan dilakukan rapid tes sebanyak 2.000 orang. Rapid tes juga akan dilakukan bagi kelompok rentan ditularkan, seperti pasien yang punya riwayat penyakit berat, akan operasi, dan pasien cuci darah,” jelasnya.

Kadinkes Kukar ini menambahkan, apa yang dilakukan, untuk lakukan rapid tes massal, serta pembelian alat rapid tes dalam jumlah yang besar, sebagai bentuk komitmen pemkab kukar yang dipimpin bupati kukar Edi Damansyah, dalam penanganan dan demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kukar.

“Kami juga meminta kepada masyarakat, untuk mendukung kinerja pemkab dalam penanganan covid-19 dengan aktif melapor jika lakukan perjalanan bagian transmisi lokal, lakukan karantina secara ketat. Kepada masyarakat untuk ikuti anjuran pemerintah, dengan terapkan pola PHBS, keluar pakai masker, jangan keluar rumah jika tidak terdesak, dan jangan lupa lakukan jaga jarak atau phisical distancing, ini sangat perlu dilakukan,” ucapnya.(Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan