Thursday 30th November 2023

Pelayanan Disdukcapil Makin Merata Siapkan Mesin Cetak KTP-el di 20 Kecamatan

TENGGARONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus dorong perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Agar perekaman wajib ini merata di 20 kecamatan. Selain menghadirkan mesin cetak KTP-el di Mal Pelayanan Publik (MPP). Kini Disdukcapil Kukar tengah mempersiapkan mesin cetak KTP-el di 20 kantor kecamatan.

Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto mengatakan pengadaan mesin cetak ini dianggarkan melalui APBD-P Kukar 2023. Sebanyak 20 unit mesin cetak KTP-el ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir tahun. Sebagaimana tujuan pengadaan mesin cetak KTP elektronik ni untuk memudahkan masyarakat mendapatkan KTP elektronik.

“Sebelumnya pencetakan masih di cetak secara terpusat di Disdukcapil Kukar bagi seluruh Kecamatan. Dan biasanya terjadi antrian lama, karena sehari bisa seribu lebih. Dengan adanya alat pencetakan KTP elektronik ini, kami ingin memaksimalkan program pelayanan pencetakan KTP elektronik di seluruh kecamatan di Kukar,” ungkap Iryanto.

Hadirnya pengadaan mesin cetak KTP-el di kecamatan ini tidak hanya mempercepat proses perekaman. Tetapi juga memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam hal kepengurusan administrasinya. Khususnya bagi kecamatan yang berada jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Kukar. Dan Iryanto juga memastikan stok blanko KTP di Kukar terus tersedia.

“Dengan adanya alat pencetakan KTP elektronik yang akan didistribusikan di setiap kecamatan dan dicetak oleh operator di kecamatan. Maka antrian akan terpecah dan terdistribusi secara merata. Ini salah satu percepatan pelayanan pencetakan KTP elektronik di Kecamatan di Kukar,” tutupnya. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below