Masyarakat Senang, Bupati Kukar Edi Damansyah Sinergikan Program Pemkab dan TJSP Perusahaan

KANAL KUKAR – Masyarakat Desa Tani Baru dan Desa Muara Pantuan di Kecamatan Anggana begitu antusias. Senin (17/2/2020) kemarin, mereka kedatangan rombongan Bupati Kukar Edi Damansyah yang memboyong jajaran dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Orang nomor satu di Kukar itu, kembali membuktikan sinergitas swasta kepada pemerintah untuk membangun Kukar.

Desa yang berada di kawasan delta Mahakam itu berada di bibir laut Kaltim. Jarak tempuh menuju lokasi dari pusat Kecamatan Anggana perlu waktu hampir dua jam. kali ini, pihak perusahaan bersama bupati memberikan sejumlah bantuan.

Di antaranya apartemen rumpon ikan, solar Cell, serta sertifikat kecakapan kelautan (SKK) kepada masyarakat. Sebelumnya, Pemkab Kukar melakukan pemetaan kebutuhan masyarakat hingga tingkat desa. Sehingga, pihak perusahaan pun lebih mudah mengarahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) kepada pemerintah.

“Selama dua tahun terakhir, kita memang fokus melakukan pemetaan kebutuhan masyarakat yang bisa melibatkan perusahaan. Nah kali ini alhamdulillah kebutuhan dasar berupa listrik semakin terpenuhi,” ujar Bupati.

Ia juga mengapresiasi upaya PT PHM yang memberikan pelatihan manajemen dan teknis kepada jajaran pengelola BUMDes. Terutama untuk mengoptimalisasi pemanfaatan solar cell. “Sehingga nanti layanan dasar seperti listrik terpenuhi, disisi lain BUMdes juga semakin aktif. Serta usia penggunaan solar cell juga semakin lama,” tambahnya.

Sementara itu, Kades Tani Baru H Ilyas mengapresiasi bupati yang menurutnya aktif melakukan pengembangan desa-desa di Kukar. Sentuhan pemerintah daerah untuk mendorong kepedulian masyarakat juga begitu terasa. Hal ini membuat masyarakat turut bersemangat membangu desa masing-masing. Terutama dengan menjaga aktifitas perusahaan migas yang berada di delta Mahakam agar tidak terganggu.

“Terimakasih banyak Pak Bupati. Kepedulian pemerintah selama ini sangat terasa dan berdampak hingga tingkat desa,” imbuh Ilyas.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan