Lahan Eks Tambang di Tenggarong Seberang Sukses jadi Demplot Jagung

TENGGARONG – Berbagai inovasi dan percepatan pertumbuhan pertanian di Kukar semakin terlihat. Diantaranya pemanfaatan lahan eks tambang menjadi kawasan pertanian yang produktif.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin bersama Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kaltim Safaruddin, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, dan CEO Indoditas Duta Raya Firly Firdauzy, melakukan monitoring dan peninjauan demplot jagung di lahan eks tambang, di Desa Bangun Rejo Blok C, Kecamatan Tenggarong Seberang, Jumat (22/10/2021).

Setibanya di lokasi, rombongan langsung menuju kawasan demplot, kemudian bertemu dengan pengelola lahan demplot jagung Sarjono.

Dalam kesempatan tersebut Safaruddin memberikan motivasi kepada para petani untuk terus semangat untuk bercocok tanam.

Saya melihat dan membuktikan bahwa lahan eks tambang bisa dimanfaatkan bercocok tanam. Hasilnya pun luar biasa, jagung dan hortikultura di Tenggarong Seberang sangat menjanjikan dan menjadi solusi peningkatan ekonomi masyarakat, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengapresiasi atas keberhasilan Sarjono yang sudah membuktikan bahwa di atas lahan eks tambang, bisa bercocok tanam dan menghasilkan jagung berkualitas dan bernilai ekonomis.

Luar biasa, saya optimistis potensi jagung yang ada di Tenggarong Seberang ini jika secara turus menerus dikelola dengan baik maka petani sejahtera, katanya.

Rendi meminta Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar untuk memberikan fasilitas bimbingan dan sarana prasarana cocok tanam yang praktis dan modern. Karena Pemkab Kukar berkomitmen dalam kemajuan sektor pertanian dalam arti luas dengan menfasilitasi berbagai alat pertanian sehingga meningkatkan hasil produksi petani.

“Saya berharap semua petani kedepannya akan menikmati apa yang dilakukan selama ini,” ujar Wabup.

Pemkab Kukar kata dia, berkomitmen dalam kemajuan sektor pertanian dalam arti luas dengan menfasilitasi berbagai alat pertanian sehingga meningkatkan hasil produksi termasuk di Tenggarong Seberang.

Ia juga meminta agar petani terus semangat mengelola lahan pertanian. Bahkan pihaknya siap menampung dan membeli hasil pertanian yang dihasilkan, sehingga masyarakat bisa merasakan peningkatan ekonomi secara langsung.

Tetap semangat, apapun yang dihasilkan dari sektor pertanian kedepannya, Pemkab Kukar siap menampung dan membeli hasil pertanian, seperti padi, jagung dan lainnya disinergikan bersama stakholder lain, sehingga peningkatan ekonomi masyarakat benar-benar dirasakan, tutupnya. (ADV)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.