Kukar Sudah Miliki Alat PCR, Dalam Waktu Dekat Akan Lakukan SWAB Test Masal

Kukar Sudah Miliki Alat PCR, 

KANALKUKAR- Akhirnya alat Polimerase Chain Reaktion(PCR) yang dipesan sejak lama oleh Pemkab Kukar datang juga. Sudah empat hari ini, ada di RSUD AM Parikesit di ruang Laboratorium Molekuler. Alat yang sudah ada ini, diyakini mampu memeriksa sampel uji Swab dalam jumlah yang besar, dan cepat melihat hasilnya. Dan akan sangat membantu uji Swab massal yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Sejak Senin(29/6) alat PCR sudah datang, dan sudah dicoba uji SWAB, sambil dipantau oleh tenaga profesional alat PCR, dan mentransfer ilmu operational alat tersebut,” Jelas Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kukar, dokter Martina Yulianti, Kamis(2/7) sore.

Mamfaat yang didapat, memiliki alat PCR tersendiri, akan lebih mudah mengetahui hasil uji sampel Swab dalam jumlah yang besar, dalam mendiagnosa apakah seseorang positif atau negatif Covid-19, tidak harus menunggu dalam waktu yang lama. Alat tersebut mampu menguji sampai 32 sampel sekali uji. Dengan kemampuan meriksa sampai 200 sampel per hari.

“Jadi sampel swab dari seluruh puskesmas dan RS yang ada di Kukar, bisa dibawa ke RSUD AM Parikesit untuk diuji, ” jelasnya.

Dengan kepemilikan alat PCR, menunjukan komitmen Pemkab Kukar yang pimpin Bupati Edi Damansyah, dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 sangat tinggi. Hanya RSUD AM Parikesit satu-satunya RS yang kelas B di Kaltim, yang punya alat PCR tersendiri.

“Kukar juga bisa bantu daerah lain, jika sampel swab di Samarinda dan Balikpapan penuh, bisa dilimpahkan ke RSUD AM Parikesit, ini sangat membantu pemerintah secara umum, ” Ucapnya. (Redaksi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan