Kepala Sekolah Ini Punya Cara Beda, Terapkan Pembelajaran Hadapi Pandemi Covid-19

KANALKUKAR- Pandemi Covid-19 yang masih terjadi, dan mengharuskan siswa lakukan pembelajaran dirumah, dengan lakukan pembelajaran secara online. Ada yang berbeda diterapkan Kepala SDN 014 Tenggarong Siti Syahrah, selain online juga lakukan pembelajaran langsung dari rumah ke rumah siswa.

“Sejak pemberlakuan pembelajaran dirumah Maret lalu, selalu melalui Online. Kita juga lakukan pembelajaran dari rumah ke rumah siswa, ” Jelas Siti Syahrah. Sabtu(20/6/2020) siang.

Siti mengemukakan alasan mengambil kebijakan, lakukan pembelajaran langsung dari rumah ke rumah siswa, tetap ikuti prosedur penanganan Covid-19. Karena untuk memastikan materi pembelajaran online yang disampaikan, betul dimengerti dan difahami siswa.

“Kalau ada siswa yang belum ngerti, langsung diajarkan oleh guru Mapel, ” jelasnya.

Selain itu, menurut Kepsek yang baru jabat setahun dua bulan ini menjelaskan, selain agar materi difahami siswa. Aspek kejiwaan juga jadi perhatian. Sejak pembelajaran dirumah siswa rindu dengan suasana sekolah, dan juga rindu dengan gurunya.

“Saat guru mendatangi ke rumah siswa, siswa ada yang menangis karena kangen dengan gurunya, ” ucapnya.

Kedatangan guru ke rumah siswa, juga tidak berlangsung tiap hari. Dua atau tiga hari sekali, mengunjungi siswa untuk pendampingan pembelajaran. Terkadang diberikan tugas, dan akan diambil tugasnya saat kunjungan guru hari berikutnya. Dan ini akan terus diberlakukan, seiring keputusan pemerintah, yang memperpanjang masa pembelajaran di rumah sampai akhir tahun 2020.

“Saya tetap memotivasi guru, agar terus memberlakukan kunjungan ke siswa, karena tidak semua orang tua siswa memiliki hp android, selaku punya hp belum tentu ada paket datanya, dan jaringan internet kuat atau tidak, ini jadi perhatian manajemen sekolah kami, ” jelasnya.

Selain itu, Siti Syahrah menambahkan, manajemen SDN 014 Tenggarong juga berupaya lakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar sekolah, agar masyarakat ikut anjuran pemerintah, menerapkan stantar protokol penanganan pencegahan penyebaran Corona. (Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan