Saturday 18th May 2024

Jelang Ramadan, Satpol PP Kukar Rutinkan Patroli Cipta

TENGGARONG – Jaga kondusifitas menjelang bulan suci Ramadan 1444 H yang akan berlangsung dalam hitungan hari lagi. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Kartanegara (Kukar) akan lakukan patroli cipta kondisi. Berfokus di kecamatan Tenggarong, patroli ini akan dilakukan secara rutin untuk menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) masyarakat Kota Raja.

Hal ini disampaikan Kasatpol PP Kukar, Heldiansyah didampingi Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum, Rasidi. Pria yang akrab disapa Heldi tersebut mengatakan patroli juga digelar seiring dengan ditutupnya tempat hiburan malam (THM) hingga hari raya Idulfitri. Salah satu THM yang tutup adalah karaoke. Sedangkan tempat hiburan seperti Billiard akan memiliki jam operasional terbatas.

“Kita tidak bisa menutup semuanya, karena masyarakat perlu kehidupan. Kita tidak memaksakan kebebasan. Untuk warung makan juga dipersilahkan buka selama mereka menutupinya dengan tirai,” ungkap Heldi, Jumat (17/3).

Untuk patroli, Heldi mengatakan anggotanya akan siap siaga 24 jam. Lokasi yang disasar untuk patroli di malam hari adalah tempat-tempat sepi yang berpotensi mengganggu trantibum masyarakat. Heldi menyebut kenakalan remaja yang mengkonsumsi minuman keras akan menjadi perhatian jajarannya. Namun ia juga memastikan jajarannya siap siaga untuk menindaklanjuti laporan warga.

“Menjelang Ramadan kita harapkan masyarakat tetap fokus ibadah Ramadan tertib. Dan sebelum tidur kompor mati, rumah terkunci jika ingin pergi, listrik juga. Takutnya kebakaran. Karena puasa ini rentan kebakaran. Kita menghimbau warga tetap waspada terhadap segala gangguan. Tapi kami pastikan Satpol PP dan pihak lain siap untuk mengamankan kejadian-kejadian yang mengganggu trantibum,” tegas Heldi. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below