Saturday 20th July 2024

Jelang MTQ Antar Perangkat Daerah, DP3A Kukar Gelar Seleksi Internal

TENGGARONG – Menindaklanjuti Surat Edaran Dewan Pengurus Korpri Kukar Nomor: B.23/Korpri/Dpk.5/6/2024 terkait pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) internal perangkat daerah dan antar perangkat daerah. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar MTQ internal di Mal Pelayanan Perempuan dan Anak (MPPA), Tenggarong pada Rabu (3/7).

Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno mengatakan MTQ ini merupakan bagian dari seleksi MTQ antar perangkat daerah. Perhelatan MTQ ini sendiri merupakan bagian dari implementasi Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Gerakan Etam Mengaji Al-Qur’an (GEMA). Yang menjadi program dedikasi Kukar Idaman ke-10 di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

“Jadi MTQ ini juga menjadi upaya kami melestarikan GEMA di jajaran. Paling tidak kita menginventarisasi pegawai kita yang memiliki kemampuan mengaji. Juga meningkarkan kemampuan kita untuk lebih memahami Al-Qur’an,” jelas Hero.

Masing-masing peserta terlihat khusyuk membaca Al-Qur’an di hadapan para penguji. Dalam MTQ internal DP3A Kukar ini, Hero menyebut ada 19 peserta yang mengikuti. Nantinya akan ada perwakilan dari laki-laki dan perempuan untuk lomba antar perangkat daerah tanggal 12 hingga 14 Juli nanti Menyesuaikan jenis lomba baca Iqra satu sampai enam bagi pemula. Tartil Al-Qur’an bagi pemula, serta Tilawah Al-Qur’an bagi yang mahir.

“Kami juga akan merutinkan kegiatan ini berupa pengajian dan pemahaman Al-Quran tiap bulan. Jadi harapannya bukan hanya MTQ saja, tapi tiap bulan jajaran yang muslim akan semakin paham isi Al-Qur’an,” jelas Hero. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below