GLK : Edi Damansyah Bupati Peduli Literasi

Bersyukurlah, Punya Bupati Peduli Literasi

KANALKUKAR- Ketua Gerakan Literasi Kukar(GLK) Erwan Riyadi menilai, kukar sangat beruntung memiliki pemimpin atau Bupati yang peduli terhadap gerakan literasi di kukar. Pemerintah saat ini sudah peduli terhadap literasi.

“Saya menilai bupati Edi Damansyah peduli literasi, ini dibuktikan bupati Edi mau meresmikan taman baca di dusun Terapung Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana, itu merupakan dusun tertinggal yang mendambakan bahan bacaan, makanya masyarakat senang akan adanya taman bacaan,” ujar Erwan, belum lama ini.

Erwan memastikan, pemerintah pusat sudah memperhatikan literasi di indonesia, dan literasi dijadikan tolak ukur mampu mensejahterakan masyarakat, seperti di Bappenas RI sudah rutin mendiskusikan tentang literasi secara tegas dan lugas.

“Literasi dalam arti luas, seperangkat kemampuan hidup, jadi bukan hanya sebatas diartikan dengan membaca saja,” ujarnya.

Erwan yang juga Jabat Kabid Pengembangan dan Pelestarian bahan bacaan di perpustakaan daerah kukar ini menjabarkan, literasi terbagi enam aspek, meliputi budaya, bahasa, finasial, numerik, sains dan digital. Faham literasi sangat penting bagi kehidupan agar menjadi lebih baik.

“Gerakan pentingnya literasi sudah kita sosialisasi secara rutin, di sekolah dan komunitas, dan rutin lakukan diskusi terbuka,” ujarnya.(HK)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan