Gerak Cepat, Bupati Edi Damansyah Pimpin Rakor Penanganan Jembatan Runtuh di Tabang

KANALKUKAR- Tak harus menunggu lama setelah putusnya akses jalan jembatan long penjali KM 11 di Desa Umaq Dian di Kecamatan Tabang yang terjadi pada hari Jum’at, (7/8/2020).

Bupati Kutai Kartanegara langsung menginstruksikan jajaran OPD terkait untuk langsung mendatangi lokasi tersebut untuk dicarikan jalan keluar yang cepat.

Sabtu siang ((8/8), Kepala Dinas PU, Kepala Bappeda beserta rombongan tiba dilokasi untuk menindak lanjuti arahan Bupati Edi.

“Hari ini teman2 PU kembali melakukan opname untuk mendisign jalan alternatif yg lebih permanen, karena jembatan yang sementara di bangun di atas jembatan masih rawan longsor dan ambrol,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Kukar, Wiyono.

Runtuhnya sebuah jembatan sekaligus akses jalan menuju Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) dan mengakibatkan arus transportasi lumpuh dan mengisir 13 desa yang ada didalamnya.

Tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir di wilayah Kecamatan Tabang, menyebabkan abrasi di bibir sungai hingga mengalami kerusakan bahkan amblas.

Minggu sore (9/8) Bupati Edi Damansyah juga turun langsung ke lokasi untuk melihat kondisi yang terjadi di lapangan.

Saat media ini menemui, Bupati Edi menyampaikan sangat mengapresiasi kesigapan masyarakat Desa Umak Dian beserta pihak kecamatan yang berinisiatif membuat jalan sementara diatas patahan jembatan yang masih tersisa.

Untuk meningaklanjuti dari kujungantya, Senin (10/8) Bupati Kukar juga melakukan pertemuan lanjutan yang menghadirkan pihak swasta yang beroperasi di Kecamatan Tabang untuk berpartisipasi gotong royong membuat jembatan alternatif 15 meter dari lokasi jembatan yang ambruk.

“Jembatan Long Penjalin adalah urat nadi perekonomian bagi 13 Desa disekitarnya, kita tidak bisa biarkan akses utama masyarakat tersebut rusak jadi harus segera dibuatkan jembatan alternatif,” Ujar Edi.

Hadir dalam pertemuan Kadis PU Kukar HM. Yamin, Camat Tabang Faisal, Kapolsek Iptu. Martin L, Perwakilan Koramil Serda Wahyu, sedangkan dari swasta PT Buma Tanjung, PT. Mandiri Harindo Adiperkasa, PT. Indonesia Pratama (Bayan Group), PT. Guru Putra Bersama, PT. Rea Kaltim, PT. Belayan River Timber.(Prokom/SH)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan