Fadli: Karena Didukung Oleh Bupati Kukar, Saya Optimis, Industri Kelor Maju.

KANALKUKAR- Dosen Fakultas Pertanian Unikarta Tenggarong Muhammad Fadli meyakini, industri tanaman Kelor dan turunannya bakal berdiri di Kukar, tepatnya di desa Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu. Pendukung terwujudnya industri kelor sudah terwujud, namun wabah pandemi Covid-19 terjadi, maka ada beberapa program yang sudah dijalankan, ditunda untuk beberapa waktu.

“Kita optimis, industri kelor akan terwujud, karena sudah didukung secara penuh, oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, dalam bentuk MOI bersama PT Moringa Organic Industri(MOI) Blora,” ucap Fadli, belum lama ini.

Mantan Dekan Faperta Unikarta ini menambahkan, kerja sama PT MOI tersebut, untuk pengembangan tanaman kelor dan industri turunannya, karena MOI fokus dalam pengembangan kelor yang sudah diakui secara global.

“PT MOI sudah berhasil, mengembangkan produk kelor, dengan 60 lebih produk turunannya, mulai dari makanan bayi hingga dewasa, snack atau makanan ringan, atau sejenisnya,” ungkapnya.

Dalam mendukung industri kelor di Sungai Payang, kampanye tanam kelor sudah digalakan, dengan mengajak masyarakat tanam kelor satu rumah lima pohon. Pelatihan dan sekolah kelor juga sudah berjalan di Sungai Payang.

“Sudah beberapa kali, kelas kelor berjalan dimasyarakat, yang dilatih oleh duta kelor, yang berasal dari masyarakat lokal dan dosen. Karena covid-19 akhirnya ditunda,” ungkapnya.

Mengenai lahan pengembangan kelor, untuk saat ini, sudah ditanam diatas areal 1,5 hektar, dan nantinya akan dipersiapkan lahan 5 hektare.

“Niatan yang diinginkan Bupati Edi Damansyah dari industri kelor, agar masyarakat kukar terpenuhi gizinya, dan mencegah stunting di masyarakat,” jelasnya.(Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan