Dorong Generasi Milenial Bertani, Bupati Edi Damansyah Bercerita Kesuksesan Petani di Kukar

KANALKUKAR- Memilih profesi petani dan pengusaha pertanian jangan dianggap remeh, meski berjibaku dengan tanah hampir tiap hari, pendapatannya bisa kalahkan gaji seorang Bupati. Pemkab kukar ingin pelaku usaha krearif tumbuh dan semakin maju di kukar.

“Saya pernah ketemu dengan pelaku usaha yang konsen dengan komoditas jagung, ternyata pendapatannya melebihi gaji bupati,” pesan Bupati kukar Edi Damansyah, saat memotivasi kaum millenial dan pemuda kukar, belum lama ini di Tenggarong.

Edi mengatakan, pemuda kukar jangan berharap ingin jadi pegawai, karena peluangnya sangat kecil saat ini, garap potensi daerah demi peningkatan ekonomi, bangun ekonomi kreatif dengan fasilitas dan dukungan yang sudah dilakukan pemkab kukar selama ini.

“Bahkan kukar akan membangun kreatif hup di Taman Baca Jam bentong, sebagai wadah dan jejarang para pelaku ekonomi kreatif kukar. Kukar yang sudah ditetapkan sebagai kota kreatif oleh kementerian Bekref harus dipertahankan,” pinta Edi.

Ditambahkan, Sekda kukar Sunggono, sangat mendukung apa yang disampaikan Bupati Edi, yang mengatakan peluang jadi pegawai sangat kecil, karena jumlah pegawai kukar saat ini sudah overload.

“Idealnya jumlah pegawai 1,5 persen dari jumlah penduduk, kalau untuk kukar idealnya pegawai kita mencapai 8.000 s/d 12.000 orang, tapi saat ini sudah mencapai 14.000 lebih pegawai,” katanya.

Sebagai solusinya, Sunggono sudah mengajukan surat ke pemerintah pusat, agar nantinya tenaga honor di kukar, bisa bekerja dikantor Kementerian-kementerian saat IKN sudah pindah ke Kaltim,” jelasnya.(HK)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan