Saturday 20th July 2024

Dinas Perkebunan Kukar Ajak Investor di Sektor Kelapa Sawit

Tenggarong – Kelapa sawit di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menjadi sektor perkebunan yang sangat menjanjikan. Beberapa kecamatan di Kukar sendiri perekonomiannya ditopang pabrik pengolahan CPO kelapa sawit. Hal ini membuktikan bahwa kelapa sawit menjadi sektor primadona bagi masyarakat Kukar. Dan menjadi tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk terus mendorong potensinya.

Disampaikan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Muhammad Taufik. Di Kukar ada dua sistem perkebunan yang berkembang di tengah masyarakat. Yakni pola plasma yang dikerjasamakan dengan perusahaan. Pola plasma ini memiliki kinerja sawit yang dihasilkan telah berkontrak untuk dijual ke perusahaan pengolahan kelapa sawit intinya. Adapun pola mandiri swadaya, yakni dimana petani secara swadaya bebas menjual Tandan Buah Segar (TBS) pada pihak manapun.

“Kedua sistem ini perkebunan kelapa sawit ini, terbukti mampu memberikan penghasilan bagi masyarakat Kukar. Baik dengan pola plasma maupun swadaya, perkebunan kelapa sawit memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan bagi para petani. Dan Alhamdulillah dengan adanya pabrik-pabrik baru yang tidak memiliki kebun inti sendiri. Jadi mereka bermitra jual beli TBS dengan masyarakat dan harganya relatif baik,” ungkap Taufik beberapa saat lalu.

Taufik menyebut Disbun Kukar terus mendorong potensi kelapa sawit ini hingga menunjang perputaran ekonomi masyarakat. Untuk itu ia berharap akan ada banyak investor yang berinvestasi di Kukar. Pun dengan hadirnya pabrik pengolahan TBS menjadi minyak sawit dengan skala yang tidak terlalu besar. Mengingat banyaknya kebun sawit masyarakat. Pabrik yang didirikan dalam skala kecil mampu lebih menyebar di tiap kecamatan.

“Sudah saya sampaikan juga pada para investor, untuk membangun pabrik dengan skala kecil. Selain itu kita juga terus mendorong terkait hilirisasi, agar minyak kelapa sawit tadi bisa diolah lagi menjadi minyak makan atau produk-produk turunan lainnya dari CPO,” tutup Taufik. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below