Demi Perkuat Industri Pertanian, Bupati Edi Damansyah Minta Pejabatnya Sering Serap Aspirasi Petani

TENGGARONG – Salah satu program kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk pembangunan pertanian berbasis kawasan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pejabat di sektor pertanian diminta untuk sering turun menyerap aspirasi petani.

Bupati mengatakan, ada sejumlah program yang disampaikan dinas terkait yakni pembangunan 120 embung dan 120 km jalan usaha tani serta jaringan irigasi terkoneksi. Disamping itu, kendala yang dihadapi petani, baik itu pemasaran, harga jual dan ketersediaan alat mesin pertanian (alsintan) tak luput dari perhatian Pemkab Kukar.
Sehingga ia pun meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk merubah pola pikir dan pola kerjanya. Terkhususnya untuk bidang pertanian, ia sampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) Kukar agar jangan hanya diam di kantor melainkan banyak turun dilapangan.

Hal ini upaya pemerintah untuk mengetahui secara langsung apa kesulitan dihadapi masyarakat petani tersebut. Karena dimasa kepemimpinannya tidak boleh kerjanya tidak basis data.

“Sehingga perencanaannya nanti bisa sesuai dengan keinginan dan aspirasi para petani,” katanya.
Begitu pula dengan konsep utama adalah memiliki data yang lengkap. Kalau berbicara kelompok tani yang selalu dia pesankan yakni datanya harus terkini terus karena penyaluran bantuan sasarannya kelompok tani.

Selain itu, ada konsep seperti memberikan pendidikan dan pelatihan kepada generasi muda yang ingin berkecimpung dalam sektor pertanian. Pihaknya sudah siapkan Taman Teknologi Pertanian (TPP) di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang. (ADV)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.