Dampak IKN, Pemerintah Pusat Akan Bangun PDN di Kukar

KANALKUKAR-Pemerintah pusat lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bangun Pusat Data Nasional (PDN) di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur M. Jauhar Efendi, mengatakan saat ini pemerintah pusat telah membuat studi kelayakan terkait dengan penentuan lokasi PDN.

“Saya langsung menghubungi Pemkab Kukar untuk disiapkan lahan seluas 20 hektare untuk lahan PDN,” katanya usai video konferensi dengan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Kementerian Kominfo Selasa (21/7) di Samarinda.

BACA JUGA :

Tak Ada Libur, Hari Minggu Bupati Edi Temui Warga Bagikan BLT
Dinilai Merakyat, Pemuda Muara Badak Mendeklarasikan Diri Dukung Edi Damansyah

Kepastian tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kab. Kukar Sunggono. Menurut Sunggono Pemerintah pusat telah meminta kepada Pemerintah Daerah untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan tersebut.

“Lahan yang kita persiapkan berada di lahan eks tambang di kawasan jonggon. Namun yang jelas lahan tersebut sudah tidak ada lagi aktifitas pertambangan,” Jelas Sunggono.

Kutai Kartanegara telah ditetapkan sebagai lokasi calon ibu kota baru di Kalimantan Timur selain Penajam Paser Utara. Pemilihan wilayah itu sudah didasarkan pada sejumlah pertimbangan termasuk potensi kebencanaan.

Pembangunan PDN ini tentunya akan berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat sekitar, mengingat selain akan dibangunya PDN, pemerintah pusat juga membangun Sekolah Polisi Negara SPN di Jonggon. (SH)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan