Cegah Covid-19, Wabup Kukar Imbau Agar Shalat Idul Adha 1442 H di Rumah Saja

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin mengimbau agar seluruh pengurus masjid yang berada di zona merah dan oranye untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1442 H di rumah masing-masing. Hal tersebut dikatakannya saat penyerahan bantuan sapi qurban pemkab Kukar di Kecamatan Samboja, Minggu (18/7/2021).

“Shalat Idul Adha di perbolehkan hanya untuk daerah-daerah hijau dan kuning, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dengan melakukan koordinasi bersama muspika setempat,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi masyarakat dan demi kebaikan bersama, patuhi anjuran pemerintah mengingat saat ini lonjakan kasusu Covid-19 terus meningkat.

Menurut Rendi, Pemkab Kukar juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati Kukar Nomor:B-1285/DINKES/065.11/07/2021 tentang evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), termasuk dalam penyelenggaraan shalat idul adha di wilayah zona merah dan oranye tidak dianjurkan untuk dilaksanakan.

“Semoga aturan yang dikeluarkan Pemkab tersebut dapat ditaati masyarakat, demi menekan laju penyebaran Covid-19 di Kukar,” katanya.

Ditambahkan Rendi, isi Surat Edaran yang sudah dikeluarkan diantaranya tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, kemudian pelaksanaan salat Ied tidak dianjurkan dilaksanakan di masjid atau lapangan pada kecamatan yang masuk zona merah dan oranye.

“Lagi sekali kecamatan yang masuk zona merah dan oranye sama sekali tidak dianjurkan shalat Id, melainkan salat Ied lebih diutamakan dilaksanakan di rumah masing-masing. Sedangkan kecamatan zona hijau dan kuning masih diperbolehkan salat Ied di Masjid atau lapangan dengan Prokes yang ketat,” ujarnya. 

 

Penulis : Adilian

Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.