Cairkan Insentif Nakes Khusus Covid-19, Bukti Perhatian Pemkab

KANALKUKAR- Komitmen Pemkab Kukar yang dipimpin Bupati Edi Damansyah terhadap bidang kesehatan kembali terbukti, sebanyak 2018 orang tenaga kesehatan(Nakes) khusus yang menangani Covid-19 menerima insentif dari Pemkab Kukar.

Para Nakes tersebut mengabdi di 32 Puskesmas dan 3 RS di Kukar. Pemberian insentif tersebut, sebagai bentuk penghargaan dan perhatian dari Pemkab Kukar kepada Nakes khusus Covid-19.

“Tidak semua Nakes dapat insentif, hanya khusus Nakes yang tanggani Covid-19, yang besarannya bervariatif, perhitungannya berdasarkan kinerja dan perannya, ” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Martina Yulianti, Kamis(2/7) sore.

Insentif yang diterima Nakes khusus tersebut, terhitung masa maret s/d mei 2020 atau tiga bulan, yang waktu itu beban kerja para Nakes sangat tinggi, karena menangani jumlah pasien kategori orang tanpa gejala, orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, dan positif Corona. Dengan total jumlah pasien sebanyak 11.558 orang.

Dana pembayaran insentif tersebut disiapkan sebesar Rp9 Miliar, dari total anggaran yang kita siapkan Rp18 Miliar, sisanya bisa saja akan dibayarkan untuk periode selanjutnya.

Yuli menambahkan, Nakes khusus tersebut terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, analis, petugas promkes, surveillance. dana pemberian insentif diambil dari pos anggaran BTT (belanja tidak terduga) Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara.

“Besarannya bervariatif, yang paling rendah diterima Rp 2 juta per orang, yang paling tinggi terima Rp 9 juta per orangnya. Ini sudah sesuai dengan ketetapan yang sudah dibuat, melalui Perbup yang ditanda tangani oleh Bupati Edi Damansyah,” jelasnya.(Redaksi KanalKukar)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan