Bupati Sampaikan Program Kukar Kaya Festival Dihadapan Kementerian Luar Negeri

TENGGARONG – Capaian pengembangan kebudayaan di Kukar kian pesat. Prestasi berbagai komunitas seni dan kebudayaan dari Kukar juga turut menjadi perhatian banyak pihak. Termasuk di antaranya Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah saat berkunjung ke Kukar pada Sabtu (23/10/2021).

Didamping Kepala Bappeda Wiyono, Bupati Kukar Edi Damansyah menerima kunjungan kerja tersebut di Pendopo Bupati Kukar. Dalam sambutannya bupati turut menyampaikan salah satu Program Kukar Idaman yaitu Kukar Kaya Festival dengan target pelaksanaan festival hingga 100 event.

“Itu untuk mewadahi dan memaksimalkan potensi dan kekayaan seni dan budaya yang ada di Kukar,” katanya.
Ia mengharapkan agar sanggar seni di Kukar mampu menunjukkan eksistensinya agar Kabupaten Kukar lebih dikenal ke tingkat nasional bahkan internasional melalui karya seni dan budaya.

Bupati juga turut menyampaikan apresiasi terhadap capaian salah satu Sanggar Seni Gubang Art Community yang menurutnya menjadi kebanggaan Kukar. Keberadaan sanggar seni ini kata dia, turut menjadi perhatian kedatangan Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah tersebut.

Kunjungan kerja Dirjen Kemenlu RI Teuku Faizasyah ke Kukar untuk melakukan peninjauan dan koordinasi pelaksanaan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia tahun 2021 secara virtual(BSBI Virtual)
Teuku Faizasyah membeberkan, bahwa program beasiswa yang diikuti 47 orang peserta dari 21 Negara ini telah berlangsung sejak tanggal 24 September hingga 14 Nopember tahun 2021 bekerja sama dengan 6 sanggar seni yang tersebar di 6 provinsi di Indonesia.

Sanggar seni dari Kukar yang bekerjasama dengan sanggar seni mitra pelaksana BSBI Virtual adalah Sanggar Seni Gubang Art Community. Saat ini sanggar tersebut tengah menampung 7 orang peserta BSBI dari 5 negara dalam penyelenggaraan pelatihan seni tari tradisional, seni lagu daerah dan seni kerajinan tangan sesuai dengan karakter potensi setempat.

Guna memastikan program BSBI Virtual ini berjalan, berbagai adaptasi dilakukan termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital akibat berbagai pembatasan yang diberlakukan terkait pandemi Covid-19.
Pemkab Kukar pun merespons peluang tersebut dengan menyiapkan Gedung Serbaguna Kantor bupati untuk dijadikan pengelaran BSBI Virtual.

Dirjen Kemenlu RI Teuku Faizasyahmenilai Sanggar Seni Gubang Art di Kukar paling siap dalam penyelenggaraan BSBI Virtual ini. Dengan dorongan dan dukungan Pemkab Kukar yang sangat baik. “Ini juga bisa menarik peluang wisatawan ke Kukar,” ujar mantan Juru Bicara Kemenlu RI itu. (ADV)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.