Bupati Edi Ingin Rumah Ibadah Sebagai Mitra Pemkab Kukar

KANAL KUKAR- Saatnya menggandeng rumah ibadah sebagai mitra Pemkab Kukar dalam permberdayaan umat dan pengembangan ekonomi masyarakat, ini yang akan dilakukan Bupati Kukar Edi Damansyah saat ini dan yang akan datang. Bupati Edi mengharapkan semua rumah ibadah di Kukar memiliki Izin Mendirikan Bangunan(IMB).

“Sudah terbukti rumah ibadah mampu memberdayakan umat, jika dikelola dengan baik, ini sama saja membantu pemerintah. Makanya Pemkab Kukar berkomitmen, bahwa rumah ibadah adalah mitra strategis pemerintah dalam pembangunan,” ucap Bupati Edi kemarin.

Terkhusus masjid atau mushola, ini akan mulai didata, siapa pengurusnya dan sudah memiliki IMB atau tidak. Pemkab akan mendorong semua rumah ibadah memiliki IMB. Targetnya untuk masjid sudah mulai lakukan pemberdayaan umat, dengan penataan manajemen masjid, yang diawali beberapa masjid dijadikan percontohan pengelolaan yang baik.

“Harapan saya, ada masjid di Kukar mendekati apa yang sudah dilakukan Masjid Jogokariyan Jogjakarta, dimana pengelolaannya sangat baik, ekonomi sekitar masjid hidup, masyarakat ikut menikmati. Makanya ada beberapa pengurus masjid yang sudah belajar kesana, ” papar Edi.

Bupati Edi memberikan contoh, pemuda masjid Muhammad Sajid Tenggarong, minta diberikan pelatihan percetakan. Yang sasarannya masyarakat sekitar masjid tidak perlu jauh-jauh mau cetak baliho dan bahan cetakan lainnya, ini sudah bagus. Yang nantinya para pemuda masjid memiliki pendapatan tersendiri.

“Para pemuda masjid juga punya peran strategis mengelola masjid dengan baik. Ini akan kita libatkan keterlibatan pemuda mengelola masjid. Selain itu saat ini Pemkab sangat terbantu dengan hadirnya Dewan Masjid Kukar, yang akan bersinergi bersama Pemkab Kukar memajukan masjid yang ada di 18 kecamatan se Kukar, ” jabar Bupati Edi. (Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan