Bupati Edi Bangga, UMKM Kukar Tangguh

KANAL KUKAR- Bupati Kukar Edi Damansyah sangat kaget dan dibuat bangga, ternyata pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) Kukar sangat tangguh menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi di Kukar. Sudah saat Pemkab Kukar memberikan apresiasi yang lebih terhadap pelaku UMKM.

“Saya dapat laporan dari BRI Cabang Tenggarong, ternyata saat pandemi kemaren, tingkat pengembalian pinjaman Kredit Usaha Rakyat(KUR) masih tahap normal, yang alami gangguan pengembalian pinjaman tidak sampai 20 persen, ini masih bisa dikatakan cukup bagus, ” ucap Bupati Kukar Edi Damansyah, saat memberikan arahan Rakor pendataan UMKM, Perusahaan dan Rumah Ibadah, yang difasilitasi Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu(BPMPTSP) Kukar, Selasa(14/7/2020) pagi.

Sebagai upaya pemberian apresiasi yang nyata terhadap kiprah UMKM, terlebih dahulu menurut Bupati, harus tahu lebih dulu data pastinya jumlah UMKM yang ada di Kecamatan ada berapa, dan bergerak dibidang apa. Ini sangat penting untuk diketahui, agar bisa dipetakan dan bersinergi terhadap pengembangan UMKM tersebut.

“Kita sudah punya data sekunder jumlah UMKM yang ada namun belum pasti, karena setiap OPD lakukan pembinaan UMKM, maka saya minta Camat untuk segera mendata pelaku UMKM yang ada diwilayah. Pendataan yang ada sangat mudah, namun kalau diremehkan malah akan menjadi beban kecamatan, ” tegas Bupati Edi.

Sementara itu, Kepala BPMPTSP Kukar Bambang Arwanto menjabarkan, jumlah UMKM Kukar sementara ini berjumlah 56 Ribu lebih pelaku. Sedangkan yang punya perizinan tidak sampai 10 persen. Bangganya lagi pelaku UMKM Kukar mampu menyerap tenaga kerja mencapai 117 ribu orang.

“Saya harap, Camat selalu pemilik wilayahnya bisa membantu BPMPTSP mendata pelaku UMKM yang ada di daerah masing-masing, ” ujar Bambang di hadapan para Camat yang menjadi peserta Rakor. (Mihs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan