BBI Perjiwa Akan Ditata, Bisa Jadi Obyek Wisata

KANALKUKAR- Balai Benih Ikan(BBI) milik Pemkab Kukar yang berlokasi di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang akan dilakukan penataan, agar semakin baik lain. BBI tersebut jika dikelola secara maksimal, bisa menjadi obyek wisata yang menjanjikan, mampu mendatangkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah(PAD).

“BBI Tirta Mina Perjiwa ada sejak 1967 dan merupakan kebanggan Kukar, sebagai sentra benih perikanan,” papar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Kukar, Dadang S Supriatman.

Penataan yang akan dilakukan DKP, meliputi perbaikan kolam, karena diakui beberapa kolam alami kebocoran. Dan akan menggunakan metode pemasangan terpal khusus kolam ikan yang tebal. Jika pekerjaan ini sudah selesai, maka produksi benih ikan akan semakin meningkat.

“Ini juga menjadi keinginan Bupati Edi Damansyah, yang berharap BBI Perjiwa, bisa meniru BBI Mandi Angin Kalsel yang sukses dalam pengelolaan dan mampu menyumbangkan PAD, ” jelasnya.

Selama ini, sebetulnya BBI Perjiwa banyak dikunjungi mahasiswa luar Kukar yang ingin belajar pembenihan ikan. Bukan hanya mahasiswa, dari berbagai kalangan umum juga lakukan pembelajaran benih ikan disini, seperti belum lama ini, ada pelatihan pemijahan ikan dari desa yang ada di Kembang Janggut, dan dari desa Panoragan Kecamatan Loa Kulu.

“BBI ini bisa jadi wisata edukasi, bagi siapa saja yang ingin gelar pelatihan peningkatan SDM, bisa menggunakan fasilitas BBI Perjiwa. Diareal BBI juga tersedia ruang kamar tidur dengan kapasitas 16 ranjang, ini sudah sangat cukup, ” ucapnya. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan