Bappeda Gelar Musrenbang RKPD 2021 Secara Online

KANALKUKAR- Dengan mematuhi standar penanganan pencegahan Covid-19, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kukar, Rabu(8/4) siang, menggelar musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) tahun 2021, Musrenbang dilakukan secara online, dengan mengambil tema Pemantapan Transformasi Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat. Peserta musrenbang diantaranya Bupati, Sekda, OPD, DPRD, Bappeda Kaltim, Tokoh masyarakat, Forkopimda, hingga unsur desa dan kecamatan dengan menggunakan aplikasi zoom.

Dalam musrenbang tersebut, digambarkan kondisi umum struktur ekonomi kukar, yang masih didominasi sektor pertambangan dan galian yang mencapai 62,82 persen, penduduk miskin mencapai 7,21 persen, serta pengangguran terbuka mencapai 5,98 persen.

“Penyebabnya ada pada akses ekonomi dan pemberian ruang pemamfaatan potensi ekonomi,” jelas Kepala Bappeda Wiyono, dalam paparanya.

Pemamfaat transformasi ekonomi sangat penting, dengan upaya memperkuat peran pertanian dan pariwisata, pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan lapangan usaha dan kesempatan kerja, serta meningkatkan daya saing daerah menjadi sektor yang dapat diperbaharui. Sedangkan kesejahteraan rakyat diwujudkan dengan meningkatkan kualitas layanan dasar, akses masyarakat terhadap pendidikan dan kesehatan harus ditingkatkan, serta menciptakan daya saing SDM.

“Intinya fokus di bidang Pertanian dalam arti luas dan pengembangan pariwisata,” ujar wiyono.

Yang menjadi skala prioritas di RKPD 2021, penyelenggaraan reformasi birokrasi, pembangunan SDM, dan peningkatan nilai tambah sektor pertanian dan pariwisata, yang diproyeksikan peningkatan ekonomi mencapai 2,76 perses, dan indeks pembangunan manusia tembus 74,74 persen.

Selain itu, pembenahan obyek pariwisata akan terus dilakukan, dengan perbaikan sapras Pulau Kumala, Waduk Panji Sukarame, dan Planetarium jagat raya. Untuk ekonomi, akan dilakukan pembebasan lahan Tempat Pelelangan Ikan(TPI) Muara Badak, penyusunan perencanaan TPI Anggana, serta pembangunan TPI Samboja.

“Kita juga akan bangun sentra ekonomi kreatif, sebagai penguatan ekonomi kukar,” paparnya.(HK)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan