Menang Versi Hitung Cepat, Edi Rendi Ajak Pendukungnya Rajut Kebersamaan

KANAL KUKAR, TENGGARONG- Koordinator Tim Data Edi-Rendi, Efendi Hariadi mengatakan, hasil perhitungan cepat atau Quick Count Tim Data Edi-Rendi untuk Pilkada Kukar 2020 menunjukkan prosentase suara Edi-Rendi 74,9% dan suara kolom kosong 25,1% dengan margin of error kurang lebih 1% maka hasil ini diprediksi tidak akan berbeda jauh dengan hasil rekapitulasi final KPU Kabupaten Kukar.

Hal ini diungkapkan Efendi Hariadi, saat menggelar Press Conference hasil Quick Count Pilkada Kukar 2020, di Cafe Benaong Timbau Rabu (9/12) malam, yang dihadiri Paslon Edi Damansyah dan Rendi Solihin, Ketua Tim Pemenangan Husni Thamrin, Sekertaris Pemenangan Efri Novianto serta para relawan dan pendukung.

” untuk metodologi Quick Count yang digunakan adalah Systematic Random Sampling. Ukuran sample dihitung
menggunakan rumus statistik perhitungan sampel random yakni jumlah sampel yang diperlukan agar margin of error (MoE) QC mencapai kurang lebih 1% dan tingkat
kepercayaan 95% confidence level, maka diperlukan sampel setara dengan 35.136 orang, angka tersebut setara dengan 122 TPS di Kukar yang jumlah DPT nya 488.055 orang dan total TPS 1.695, ” ubgkapnya.

Ia menjelaskan berikut adalah proporsi 122 TPS yang terpilih secara Systematic Random Sampling yakni Kecamatan Tenggarong 21 TPS, Loa Janan 13, Tenggarong Seberang 10, Loa Kulu 9, Samboja 9 , Anggana 7, Muara Badak 7, Kota Bangun 6, Muara Jawa 6, Muara Kaman 6, Sebulu 6, Marangkayu 5, Kembang Janggut 4, Muara Muntai 3, Sanga-sanga 3, Tabang 3, Kenohan 2 Dan Muara Wis 2 TPS.

“hasil Quick Count ini bukanlah hasil resmi perhitungan Pilkada dan bukan pula hasil final Pilkada Kukar 2020 melainkan sebagai instrument pembanding atau alat kontrol terhadap hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kutai Kartanegara dengan data masuk ke Data Center Tim Edi-Rendi sudah mencapai 100%, ” tambahnya.

Sementara itu, Calon Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, meskipun hasil Quick Count menunjukkan kemenangan Edi-Rendi tetapi kami himbau para pendukung tetap bersabar untuk menunggu penghitungan secara resmi oleh KPU Kukar dan kami bersyukur atas hasil ini dan kami menghimbau kepada para relawan agar kita tetap mengawal proses sampai penghitungan secara resmi oleh KPU Kukar.

“Saya juga berharapkepada semua pihak tinggalkan perbedaan dan kita rajut kebersamaan kedepan untuk membawa Kukar lebih baik dan yang paling utama untuk meningkatkan kualitas dan harkat derajat kehidupan masyarakat Kukar, ” tutupnya.

Penulis : Deni Laksono
Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.