Komitmen Edi-Rendi Untuk Majukan Kukar, Berikut Program Unggulannya

KANAL KUKAR, TENGGARONG – Membangun Kukar kedepan maju dan lebih baik merupakan keinginan dan komitmen dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dan Rendi Solihin ketika diberikan amanah oleh masyarakat jika terpilih dalam Pilkada Kukar mendatang.

Calon Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, jika terpilih dalam Pilkada Kukar mendatang kami menyiapkan ada 23 program dan 10 prioritas utama, pertama berkaitan penataan pemerintahan reformasi birokrasi, kita ingin mewujudkan kedepannya pemerintahan yang digital jadi sudah eranya kita wujudkan di Kukar.

“Kedua perkembangan pertanian dalam arti luas itu kita fokus nanti ada beberapa titik kawasan yang ingin kami wujudkan dalam bentuk kawasan pertanian yang full mekanisasi yang saat ini setahun dua kali musim tanam kedepan bisa tiga kali musim tanam dengan target yang sudah kita siapkan datanya, ” katanya.

Mengingat lahan pertanian di Kukar ini tadah hujan lanjutnya, kalau musim hujan dan air dalam kita kelebihan air dan jika musim panas kita kekurangan air itu ada solusinya dan kita akan bangun sekitar 120 titik embung, kemudian kurang lebih ada 120 jalan usaha tani yang akan kita tingkatkan serta beberapa peralatan pertanian di titik kawasan yang sangat memerlukan.

“Seperti pengembangan jagung hibrida sudah kita petakan dan target kita bisa mencapai 30.000 hektar nanti yang kita wujudkan dengan pola pengembangan dari kelompok tani dan investasi dari dunia usaha, ” ujarnya.

Kemudian dikatakan Edi Damansyah, ada 25.000 nelayan yang akan kita fasilitasi untuk meningkatkan kapasitas ke akses pada permodalan kemudian akses ke pasar, lalu dibidang pendidikan peningkatan SDM nanti ada 10.000 beasiswa yang akan kita tetapkan.

” 1.000 untuk guru S1 lalu juga ada beasiswa untuk santri berikutnya untuk SD dan SMP, ada juga nanti beasiswa tematik, kemudian lanjutannya ada Kutai Kartanegara berkah ini kita memfasilitasi bantuan kepada pondok pesantren 100 juta per pondok pesantren juga ada penguatan viskal ke Desa melalui bantuan keuangan khusus ke Desa yang salah satu di dalam nanti ada program berbasis 1 RT 50 juta ini merupakan bagian yang akan kami wujudkan nanti, ” tegasnya.

Edi Damansyah menambahkan, kami juga akan melanjutkan konektifitas infrastruktur jalan yang sudah tersambung di 18 Kecamatan akan kita tingkatkan lagi yang sekarang jalannya masih tanah dan kondisinya belum mantap.

“selanjutnya nanti di dalam program ekonomi kreatif kita memfasilitasi komunitas-komunitas kreatif lanjutan dari kreatif hak yang kita bangun 2020 dalam program Kutai Kartanegara kaya festival, nanti ada 100 festival yang kita siapkan dalam kurun waktu masa jabatan dan ini melibatkan para milenial yang sudah bekerja dan memberikan kontribusi di Kukar dan akan kita fasilitasi, ” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, kita juga akan memfasilitasi rehabilitasi rumah-rumah ibadah yang ada di Kukar.

“Ini merupakan garis besar program kami, semoga bermanfaat bagi masyarakat dan terpenting Kukar kedepannya lebih maju menyongsong IKN, ” harapnya.

Penulis : Deni Laksono
Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.