Kolaborasi Edi-Rendi jadi Kebanggaan Warga Pesisir

KANALKUKAR, SAMBOJA- Sosok Edi Damansyah dan Rendi Solihin memang tak asing di tanah Kukar. kolaborasi birokrat dan pengusaha milenial, membuat masyarakat Kukar semakin optimis percepatan kemajuan Kukar semakin terpacu.

Inovasi Edi Damansyah di dunia birokrasi tak sedikit membuat pelayanan publik semakin terasa. Sementara Rendi Solihin, yang merupakan pengusaha muda, sudah lama mendorong industri kreatif di Kukar tumbuh. Yang paling terasa adalah, berbagai festival yang digawangi Rendi secara langsung.

Rendi pernah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Pesta Laut di Kelurahan Kuala Samboja. Ia juga pernah menggelar berbagai festival berbasis kerakyatan di Samboja dengan menghadirkan artis ibukota. Sering kali, Rendi menyulap tanah pesisir Kukar menjadi lautan manusia setelah berbagain kegiatan industri kreatif festival mendapat sentuhan kreatifitasnya.

Kejelian Edi Damansyah menangkap peluang Ibu kota Negara (IKN) di Kukar, membuatnya tak ragu untuk menjadikan Rendi Solihin sebagai Cawabup di Kukar. Edi menegaskan jika dirinya merasa perlu memilih pendamping untuk memimpin Kukar dari kalangan muda, enterpreneur, dan ditambah berasal dari Kecamatan Samboja yang merupakan lokasi yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai lokasi IKN baru.

Minggu (5/9) kemarin, Edi – Rendi berbagi tugas menjelaskan visi misi kepada masyarakat Samboja. Tidak hanya kepada para tokoh, tetapi juga para nelayan dan petani di Samboja. Meski dikenal dengan potensi minerbanya, namun Samboja sehenarnya memiliki potensi lain yang nilainya sangat besar. Mulai dari perikanan, pertanian, hingga sektor pariwisata. Termasuk secara geografis, Samboja yang memiliki garis pantai yang sangat panjang.

“Samboja ini terbilang lengkap secara geografis. Ada pegunungan, ada garis pantai, sungai bahkan juga air terjun. Ini adalah potensi sangat besar sekali yang harus digali untuk menyejahterakan masyarakat,” ujar Edi Damansyah.

Hari itu, Edi Damansyah melakukan kampanye tatap muka terbatas di beberapa desa dan kelurahan di Samboja. Seperti Kelurahan Amborawang Darat, Kelurahan Kuala Samboja, Desa Argosari dan Desa Margomulyo. Sedangkan Rendi Solihin menyambangi titik lainnya di Kelurahan Sungai Merdeka dan Karya Merdeka.

Pemaparan yang disampaikan dari rumah ke rumah oleh kedua Paslon mendapat antusias masyarakat setempat. Tidak banyak kata kecuali keinginan untuk memenangkan bapaslon Edi – Rendi. Terlebih lagi, kepemimpinan Rendi yang merupakan pemuda asal Samboja, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat setempat.

“Harapannya masyarakat pesisir bisa membulatkan pilihan kepada kami. Apalagi Pak Rendi ini merupakan pemuda asli pesisir. Perjuangan beliau mendorong kemajuan pesisir bahkan sudah dilakukan saat menjadi legislator dan pengusaha muda,” ujar Edi Damansyah.

Sementara itu, Rendi Solihin yang memiliki latar belakang anak nelayan, memastikan program peningkatan kesejahteraan nelayan menjadi prioritasnya. Misalnya saja, 25 ribu bantuan langsung kepada nelayan. Bantuan ini tidak hanya untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan, tetapi juga untuk pemasaran dan daya beli masyarakat terhadap hasil perikanan tersebut.

“Kami ingin perputaran uang di sektor perikanan tersebut juga dirasakan langsung dampaknya oleh daerah penghasil. Saya merupakan anak nelayan yang berharap kesejahteraan nelayan juga terjadi di Samboja,” ujar Rendi Solihin.

Samboja menurutnya juga memiliki potensi pertanian yang besar. Salah satu programnya ketika terpilih juga berkaitan dengan pembangunan 120 embung serta 120 kilometer jalan usaha tani. Tidak hanya itu, lahan non produktif eks tambang juga akan disulap menjadi lahan jagung. “Ke depan, Kukar ini akan menjadi daerah penghasil jagung yang sangat besar. Bahkan Kukar kita harapkan bisa swasembada jagung,” tambahnya.

Haji Ambo, salah satu warga Sungai Merdeka meyakini warga Samboja akan membawa kemenangan untuk Paslon Edi-Rendi. Berbagai kegiatan dan program yang dicanangkan, juga diyakini membawa masyarakat pesisir Kukar menjadi lebih baik.

Penulis : Saleh Hidayat
Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.