Kampanye di Kampung Nelayan, Edi – Rendi Makin dicintai dengan Masyarakat Nelayan

KANALKUKAR, SAMBOJA – DIBESARKAN di lingkungan keluarga nelayan, Rendi Solihin memiliki ambisi besar terhadap sektor perikanan dan kelautan. Sosoknya yang ulet, sederhana dan kreatif, menjadi salah satu alasan Edi Damansyah yakin bakal sukses melakukan percepatan membangun Kukar.

Masih melekat dibenak Rendi Solihin, ketika ayahnya bercerita tentang ketangguhan nelayan bertahan hidup di tengah laut. Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dari hasil perikanan dan kelautan, para nelayan yang menahkodai kapalnya itu, tak ubahnya bagai pahlawan.

Perputaran ekonomi untuk keluarga, dibangun secara mandiri. Namun perlu upaya pemerintah untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan serta mendukung infrastruktur para nelayan tersebut.

Hak tersebut disampaikan Edi Damansyah dalam beberapa kesempatan. Sebagai putra asli pesisir yang bergaul dengan para nelayan, Edi Damansyah berharap Rendi Solihin memiliki kiprah besar dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan. Tak hanya sekedar manjadi ritual menangkap lalu menjual ikan, tetapi juga merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor ini.

“Kita perlu petani milenial, nelayan milenial, bahkan juga kepala daerah milenial. Tapi juga harus yang kreatif, inovatif dan tulus dalam bekerja. Saya lihat itu ada pada Rendi Solihin. Terutama ketika dia menyampaikan banyak gagasan dalam urusan kesejahteraan nelayan di pesisir,” kata Edi Damansyah.

Sabtu (31/10/2020), tim Paslon Edi Damansyah – Rendi Solihin menggelar kampanye di Kecamatan Samboja. Dua titik di antaranya yaitu di Pelabuhan Nelayan, Kelurahan Handil Baru dan di Pantai Duta Pemedas, Kelurahan Teluk Penlmedas.

Hujan yang mengguyur bumi Samboja, tak menyurutkan semangat warga. Sekitar pukul 10?30 Wita, puluhan nelayan menghadiri kampanye di titik pertama. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh Seperti Ketua DPD PKS Kukar Firnadi Ikhsan, Ketua Semut Merah Kaltim Rahmat Darmawan. Selain itu juga tampak tokoh masyarakat seperti Haji Aking, Haji Masyur, Serta Forum Nelayan, Kelurahan Handil Baru.

Dengan mengenakan baju bergambar Edi – Rendi, warga menyampaikan berbagai aspirasi dengan sukacita. Di antaranya kelompok nelayan mengharapkan adanya bantuan bagi kelompok nelayan terutama alat penangkap ikan yang lebih memadai

Selain itu, warga juga berharap agar jalan di kawasan Kelurahan Handil Baru dilakukan semenisasi jalan. Warga pun menutup penyampaian aspirasinya tersebut dengan menyatakan dukungannya kepada Edi – Rendi.

Sementara itu, Rendi Solihin memastikan jika pihaknya sudah memasukan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Di antaranya program bantuan 25 ribu nelayan di Kukar. Bantuan ini nantinya, akan mendorong peningkatan hasil tangkapan nelayan.

Selain itu, Pemkab juga akan berupaya menyiapkan berbagai sarana infrastruktur untuk mendukung penjualan komoditi perikanan. Misalnya membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) serta menyinergikan UMKM berbasis kearifan lokalm Sehingga, harapannya, hasil perikanan yang diolah tersebut, mampu menciptakan perputaran uang di Kukar.

“Kami berharap, perputaran uang dari sektor nelayan yang kabarnya hingga triliunan rupiah dalam setahun itu, bisa mempengaruhi peningkatan perekonomian masyarakat lokal. Infrastrukturnya harus lebih siap, serta yang mengelola juga paham dengan industri perikanan ini,” kata Rendi.

Kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat pesisir pun menurut dia, bisa menjadi gaung potensi wisata di Kukar. Salah satunya melalui Festival Laut yang biasanya rutin dilaksanakan di Kelurahan Kuala Samboja. Di Kukar, juga akan disiapkan 100 Festival Kebudayaan untuk mengangkat potensi masing-masing daerah.

Tak hanya pengembangan infrastruktur jalan yang disampaikan warga Handil Baru tersebut, program Kukar Siap Kerja juga bakal masuk program utama Edi – Rendi, dengan menyiapkan pemuda yang terampil dan memiliki kampuan untuk bekerja. Yaitu dengan menyiapkan Balai Latihan Kerja di tiga zona di Kukar.

Kegiatan kampanye pun ditutup dengan pengambilan gambar bersama para nelayan dari atas perahu nelayan. Seolah menyampaikan pesan jika kehadiran Rendi Solihin sebagai figur yang didaulat oleh nelayan untuk memimpin Kukar.

 

Penulis : Saleh Hidayat
Editor : Andi Akbar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.